Home > Dampak Kesehatan > Penyebab Kurang Tidur dan Faktor Resikonya

Penyebab Kurang Tidur dan Faktor Resikonya

March 2, 2013

Penyebab kurang tidur dapat bersifat fisik, psikologis, atau kombinasi dari keduanya. Seseorang yang tidur kurang dari delapan jam per malam secara teratur dapat menderita kurang tidur atau gangguan tidur lainnya.

Kurang tidur secara terus menerus dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan seperti kelelahan, depresi, dan penyakit jantung.

Ada beberapa penyebab kurang tidur dan faktor risiko yang harus diperhatikan. Menyadari penyebab gangguan tidur dan faktor risikonya dapat membantu Anda mengatasi masalah kesehatan yang serius. Berikut adalah beberapa penyebab kurang tidur:

  • Gaya hidup
    Pola makan yang buruk dan asupan alkohol yang berlebihan adalah penyebab umum dari kurang tidur. Bekerja shift malam juga dapat mempengaruhi kemampuan orang untuk mendapatkan pola tidur normal. Membuat perubahan kecil pada gaya hidup Anda dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk tidur secara signifikan.
  • Usia
    Faktor risiko lain dari kurang tidur adalah usia. Orang lansia cenderung tidur lebih sedikit daripada orang muda, maka mereka lebih cenderung mengalami kurang tidur dibandingkan dengan orang yang lebih muda.
  • Obat
    Obat-obatan dapat mengubah irama normal tubuh Anda sehingga mengubah pola tidur Anda dan menyebabkan kurang tidur. Beritahu dokter Anda jika Anda menderita gangguan tidur, terutama jika Anda konsumsi obat.
  • Kondisi medis
    Beberapa kondisi medis dapat mempengaruhi kondisi mental dan fisik anda yang secara tidak langsung dapay menyebabkan kurang tidur.
  • Gangguan tidur klinis
    Jika penyebab kurang tidur tidak jelas, orang bisa menderita gangguan tidur klinis. Gangguan tidur seperti insomnia dan narkolepsi dapat mendasari masalah bagi individu yang menderita kurang tidur.

Orang yang mengalami kurang tidur atau gangguan tidur lainnya harus mencari bantuan medis untuk menentukan apakah penyebab dari kurang tidur adalah tanda masalah kesehatan yang serius. Dalam kebanyakan kasus, mengobati penyebab yang mendasari kurang tidur dapat meningkatkan pola tidur dan kualitas hidup anda.

Source: sleep deprivation causes and risk factors