Home > Penyakit Kardiovaskular > Yoga Dapat Meredakan Palpitasi Jantung

Yoga Dapat Meredakan Palpitasi Jantung

March 28, 2013

Palpitasi jantung, atau dikenal dengan jantung berdebar, dapat menyebabkan gagal jantung pada orang yang mengalami aritmia jantung. Sebuah studi baru menunjukkan, yoga dapat membantu meredakan palpitasi jantung.

Melakukan yoga secara teratur dapat mengurangi efek berbahaya dari palpitasi yang berpotensi mengancam nyawa atau dikenal sebagai atrial fibrilasi, aritmia jantung umum yang dapat menyebabkan stroke.

Dalam pertemuan tahunan American College of Cardiology di New Orleans, peneliti mengungkapkan, mengikuti tiga sesi yoga seminggu dapat meningkatkan kualitas hidup, mengurangi kecemasan dan depresi yang bisa berbahaya bagi pasien dengan atrial fibrilasi.

“Hasil penelitian ini menarik. Meskipun tidak menyembuhkan atrial fibrilasi, tetapi tampaknya dapat mengurangi risikonya, “kata Dr Raul Mitrani, direktur klinik perangkat irama jantung di University of Miami Miller School of Medicine.

Dalam studi sebelumnya telah menunjukkan manfaat lain dari yoga bagi jantung seperti menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Tapi ini adalah studi pertama yang melihat khusus pada atrial fibrilasi.

Dalam studi ini, 49 pasien berusia 25-70 yang telah memiliki atrial fibrilasi berpartisipasi dalam program yoga selama 45 menit, tiga kali seminggu selama tiga bulan. Sesi tersebut melibat latihan pernapasan, berbagai posisi yoga, meditasi dan relaksasi.

Selama tiga bulan berlatih yoga, para peserta mengalami rata-rata 2,1 episode atrial fibrilasi dibanding rata-rata 3,8 episode sebelumnya.

Ketika seseorang merasa cemas atau ketakutan akan menyebabkan ledakan tiba-tiba adrenalin yang memicu jantung berdebar yang disebabkan oleh penurunan aktivitas sistem saraf simpatik.

Source: yoga may relieve heart palpitations

%d bloggers like this: