Home > Diabetes > Sinar Matahari Pagi Dapat Membantu Mengatur Kadar Gula Darah

Sinar Matahari Pagi Dapat Membantu Mengatur Kadar Gula Darah

April 20, 2013

Sinar matahari pagi tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tulang, tetapi juga bermanfaat bagi penderita diabetes. Sebuah studi baru menemukan bahwa vitamin D yang dihasilkan dari sinar matahari pagi dapat membantu mengatur kadar gula darah pada orang dengan diabetes tipe 2.

Dalam penelitian tersebut, peneliti dari Iran melibatkan 90 orang dengan tipe 2 Diabetes selama 12 minggu. Para peserta dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama menerima vitamin D dan kelompok lainnya diberi vitamin D dan kalsium. Pada akhir 12 minggu, kelompok yang mendapat vitamin D dan kalsium memiliki kadar gula darah yang yang lebih baik.

“Vitamin D memiliki peran aktif dalam mengatur sel beta pankreas, yang membuat insulin,” kata Esther Krug, MD, seorang ahli endokrinologi di Sinai Hospital Baltimore.

Faktanya, studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes Care menunjukkan bahwa kadar rendah vitamin D menempatkan orang dewasa pada risiko pradiabetes dan prehipertensi.

Selain itu, mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin D dan kalsium dapat memperlambat perkembangan diabetes tipe 2. Karena kemungkinan hubungan antara vitamin D dan diabetes tipe 2, skrining kekurangan vitamin D bisa dilakukan pada orang dengan diabetes tipe 2.

Sinar matahari pagi dapat memberikan banyak manfaat kesehatan seperti menurunkan kadar kolesterol darah, meningkatkan kualitas pernapasan dan menjaga tulang Anda tetap sehat dan kuat.

Source: morning sunlight can help regulate blood sugar levels