Home > Makanan Kesehatan > 15 Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan

15 Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan

August 2, 2013

Jeruk adalah salah satu buah paling populer di dunia. Buah ini sangat disukai karena rasanya yang enak dan tersedia sepanjang tahun.

Selain rasanya yang nikmat dan segar, jeruk juga mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin A, B1, dan C. Satu buah jeruk jeruk mengandung hampir 100% dari asupan vitamin C yang direkomendasikan per hari.

Selain itu, jeruk juga merupakan sumber yang baik dari asam amino, beta-karoten, asam folat, pektin, kalium, kalsium, dan zat besi. Buah jeruk juga memiliki lebih dari 170 jenis fitonutrien dan lebih dari 60 flavonoid, yang telah terbukti memiliki sifat anti-oksidan, anti-kanker, dan anti-inflamasi.

Kombinasi dari tingginya jumlah vitamin C dan flavonoid dalam jeruk membuat buah ini menjadi salah satu buah terbaik dalam membantu untuk mempromosikan kesehatan yang optimal. Berikut adalah beberapa manfaat buah jeruk untuk kesehatan kita.

  1. Mencegah kanker
    Sebuah senyawa yang dikenal dengan D-limonene dalam jeruk diketahui efektif dalam pencegahan beberapa jenis kanker seperti kanker kulit, kanker payudara, kanker paru-paru, kanker mulut dan kanker usus besar. Tingginya kadar vitamin C juga bertindak sebagai anti-oksidan yang melindungi sel dari kerusakan oleh radikal bebas.
  2. Menurunkan kolesterol
    Salah satu flavonoid yang paling penting dalam jeruk adalah hesperidin. Hesperidin dan pektin dalam jeruk telah terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol LDL. Konsentrasi hesperidin jauh lebih tinggi di kulit bagian dalam dibandingkan dagingnya. Pektin muncul untuk memperlambat penyerapan tubuh lemak dan menurunkan kadar kolesterol.
  3. Menurunkan tekanan darah tinggi
    Penelitian telah menunjukkan bahwa flavonoid yang disebut hesperidin dan magnesium dalam jeruk dapat menurunkan tekanan darah tinggi.
  4. Menjaga kesehatan jantung
    Jeruk mengandung serat, folat, dan herperidin, yang secara langsung menjaga kesehatan sistem kardiovaskular.
  5. Mengobati radang sendi
    Karena memiliki sifat anti-inflamasi, jeruk membantu dalam mengurangi rasa sakit dan kekakuan otot dan sendi arthritis. Dalam sebuah studi di Arthritis Research Campaign Epidemiology Unit di Inggris, menyatakan bahwa minum satu gelas jus jeruk setiap hari dikaitkan dengan penurunan risiko gangguan inflamasi seperti rheumatoid arthritis.
  6. Membantu perkembangan otak
    Jeruk merupakan sumber asam folat yang baik dimana dapat membantu dalam perkembangan fungsi otak.
  7. Menjaga sperma sehat
    Jeruk mengandung folat, merupakan nutrisi penting untuk sperma yang sehat dan melindungi sperma dari kerusakan genetik yang dapat menyebabkan cacat lahir.
  8. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
    Kandungan vitamin C dalam jeruk merangsang produksi sel darah putih dalam tubuh kita, sehingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  9. Mencegah batu ginjal
    Konsumsi jus jeruk secara teratur dapat secara signifikan mengurangi risiko terkena batu ginjal.
  10. Menurunkan berat badan
    Jeruk sangat rendah kalori membuatnya menjadi salah satu buah terbaik untuk menurunkan berat badan. Mereka juga memiliki kandungan serat yang tinggi, yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga Anda makan lebih sedikit.
  11. Menjaga kulit yang sehat
    Antioksidan dalam jeruk membantu melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas diketahui menyebabkan tanda-tanda penuaan.
  12. Melindungi terhadap infeksi
    Karena mengandung banyak flavonoid, jeruk dapat membantu melindungi terhadap infeksi virus.
  13. Meringankan sembelit
    Kandungan serat yang tinggi dalam jeruk membantu merangsang cairan pencernaan, sehingga mengurangi sembelit.
  14. Menjaga kesehatan tulang dan gigi
    Jeruk juga kaya akan kalsium, yang membantu melindungi dan menjaga tulang serta kesehatan gigi.
  15. Mencegah ulkus
    Karena kandungan serat yang tinggi, jeruk juga dapat membantu melindungi terhadap borok. Studi menunjukkan bahwa makan sebuah jeruk sehari dapat membantu mencegah pembentukan ulkus lambung.

Sumber: 15 health benefits of oranges