Home > Berita Kesehatan > Vitamin D Dapat Membantu Melindungi Penyakit Mata Pada Wanita

Vitamin D Dapat Membantu Melindungi Penyakit Mata Pada Wanita

August 11, 2013

Vitamin D biasanya dikenal untuk membantu dalam penyerapan kalsium, yang mengarah ke kesehatan tulang yang optimal, namun studi baru menemukan bahwa asupan vitamin D yang cukup juga dapat membantu melindungi terhadap penyakit mata khususnya degenerasi makula terkait usia pada wanita.

Degenerasi makula adalah penyakit mata yang mempengaruhi hampir 2 persen orang di negara-negara maju, sebagian besar pada kelompok usia di atas 50. Para penderita akan mengalami gangguan penglihatan dan bahkan sebagian buta.

Dalam studi tersebut, peneliti dari Buffalo University, New York, yang melibatkan 1.313 wanita menemukan bahwa partisipan yang berusia di bawah 75 dengan asupan vitamin D tertinggi lebih kecil kemungkinannya untuk terkena penyakit mata dibandingkan dengan mereka yang memiliki asupan vitamin D rendah.

Namun, hasil ini tidak berlaku untuk vitamin D melalui sinar matahari. Asosiasi hanya terlihat dengan perempuan yang mendapat vitamin D melalui makanan dan suplemen.

“Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi hubungan ini serta untuk lebih memahami potensi interaksi antara vitamin D dan faktor genetik sehubungan dengan risiko degenerasi makula terkait usia dini”, kata Dr Amy Millen.

Dalam studi tersebut ditemukan bahwa sumber utama vitamin D adalah susu, salmon, sereal, dan margarin.