Home > Makanan Kesehatan > 15 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan

15 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan

August 12, 2013

Alpukat dalah buah yang sangat terkenal di daerah tropis seperti Indonesia. Di Indonesia buah ini sering dimakan dalam bentuk jus.

Selain dibuat jus alpukat, buah ini juga digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan sup buah, ice cream dan sebagainya.

Selain rasanya yang nikmat, alpukat juga mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin A, B, C, E, & K, zat besi, fosfor, protein, magnesium, dan potasium. Alpukat juga mengandung beberapa fitokimia bermanfaat seperti beta-sitosterol, glutathione dan lutein, yang dapat melindungi terhadap berbagai macam jenis penyakit. Berikut adalah beberapa manfaat alpukat bagi untuk kesehatan.

  1. Menjaga kesehatan jantung
    Alpukat mengandung vitamin E, glutathione, dan lemak tak jenuh tunggal yang membantu dalam menjaga kesehatan jantung.
  2. Menurunkan kadar kolesterol
    Alpukat kaya akan senyawa yang disebut beta-sitosterol yang telah terbukti efektif dalam menurunkan kadar kolesterol darah.
  3. Kontrol tekanan darah
    Alpukat juga merupakan sumber kalium yang membantu dalam mengontrol tekanan darah.
  4. Memiliki sifat anti-inflamasi
    Senyawa fitonutrien yang ditemukan dalam alpukat, seperti polifenol dan flavonoid telah ditemukan memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga mengurangi risiko gangguan inflamasi dan degeneratif.
  5. Menjaga kesehatan mata
    Alpukat adalah sumber lutein karotenoid yang diketahui mampu melindungi terhadap degenerasi makula terkait usia dan katarak.
  6. Mengatur kadar gula darah
    Lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat dapat membalikkan resistensi insulin yang membantu mengatur kadar gula darah.
  7. Mencegah bayi lahir cacat
    Tingginya jumlah asam folat dalam alpukat sangat penting dalam pencegahan bayi cacat lahir.
  8. Mengurangi risiko stroke
    Kandungan asam folat dalam alpukat juga dapat melindungi terhadap stroke. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang makan makanan kaya akan folat memiliki risiko lebih rendah terkena stroke daripada mereka yang tidak makan.
  9. Melindungi terhadap kanker
    Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa alpukat dapat menghambat pertumbuhan kanker prostat. Asam oleat dalam alpukat juga efektif dalam mencegah kanker payudara.
  10. Melawan radikal bebas
    Alpukat mengandung glutation, sebuah antioksidan kuat yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh.
  11. Mencegah penuaan dini
    Glutathione dalam alpukat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga memperlambat proses penuaan, dan mendorong sistem saraf yang sehat.
  12. Mengobati bau mulut
    Alpukat adalah salah satu obat alami terbaik untuk bau mulut. Ia membersihkan usus yang merupakan penyebab utama bau mulut.
  13. Meningkatkan penyerapan nutrisi
    Sebuah studi menunjukkan bahwa ketika peserta makan salad termasuk alpukat, mereka menyerap lima kali jumlah karotenoid daripada mereka yang tidak makan alpukat.
  14. Perawatan Kulit
    Minyak alpukat ditambahkan dalam banyak kosmetik karena kemampuannya untuk memelihara kulit dan membuat kulit Anda bersinar.
  15. Meningkatkan berat badan
    Alpukat memiliki 200 kalori untuk 100 gram. Karena jumlah kalorinya yang tinggi, alpukat adalah makanan terbaik untuk orang yang ingin menambah berat badan.

Sumber: 15 health benefits of avocados