Home > Alzheimer > Jalan Cepat Dapat Mengurangi Resiko Penyakit Alzheimer

Jalan Cepat Dapat Mengurangi Resiko Penyakit Alzheimer

September 13, 2013

Jalan cepat adalah sejenis olahraga yang baik khususnya bagi wanita karena faktor keamanan dan kemudahannya.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa jalan cepat tidak hanya berkontribusi dalam menjaga tubuh yang sehat dan bugar, tetapi juga membantu meningkatkan aliran darah ke otak yang mengarah pada pengurangan risiko penyakit Alzheimer.

Penelitian ini melibatkan 16 wanita lansia berusia di atas 60 tahun yang berjalan cepat selama 30-50 menit tiga atau empat kali seminggu selama 3 bulan. Pada akhir penelitian, jumlah aliran darah ke otak pada peserta meningkat sekitar 15 persen. Sebuah peningkatan aliran darah ke otak dikenal untuk mengurangi risiko penyakit Alzheimer.

“Ada banyak penelitian menunjukkan bahwa olahraga meningkatkan fungsi otak pada orang tua, tetapi kita tidak tahu persis mengapa otak membaik. Studi kami menunjukkan hal itu mungkin terkait dengan peningkatan pasokan aliran darah ke otak,” kata Rong Zhang, peneliti utama dari Institute for Exercise and Environmental Medicine di rumah sakit Texas Health Presbyterian, Dallas.

Selain itu, peneliti juga menemukan bahwa rutin jalan cepat meningkatkan VO2 max perempuan (kapasitas maksimum untuk mengangkut dan mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh) sebesar 13 persen, menurunkan tekanan darah sebesar 4 persen, dan penurunan detak jantung mereka sebesar 5 persen.

Source: Brisk walking can reduce Alzheimer’s disease risk